Dalam proses pembelajaran, baik materi, metode, maupun
media, harus mengalami perubahan ke arah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya
inovasi, seorang pendidik dituntut untuk kreatif dan inovatif. Model dan metode
yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan peserta didik dalam pembentukan life skill yang berpijak pada lingkungan
sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) peningkatan
hasil belajar Matematika setelah diterapkannya pembelajaran SAVI, dan (b)
pengaruh terhadap motivasi belajar Matematika setelah diterapkannya
pembelajaran SAVI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan tiga siklus.
Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancanan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, serta revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik
kelas IX B SMP Negeri 1 Ranuyoso Lumajang semester genap tahun pelajaran
2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil uji kompetensi dan lembar observasi
kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis data menyatakan bahwa hasil belajar peserta
didik mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan nilai secara
berturut-turut 70, 74, dan 79. Sedangkan tingkat ketuntasan belajar peserta
didik dalam mata pelajaran Matematika juga meningkat dengan prosentase pada
setiap siklus secara berturut-turut adalah 70%, 74%, dan 79%. Tingkat minat
peserta didik terhadap pembelajaran Matematika dengan diterapkannya pembelajaran
SAVI pada tiap siklus secara berturut-turut adalah 29%, 37%, dan 46%. Tingkat
perhatian peserta didik terhadap pembelajaran Matematika dengan diterapkannya pembelajaran
SAVI pada tiap siklus secara berturut-turut adalah 29%, 37%, dan 46%. Tingkat
partisipasi peserta didik terhadap pembelajaran Matematika dengan diterapkannya
pembelajaran SAVI pada setiap siklus secara berturut-turut adalah 29%, 37%, dan
46%.
Copyright © 2016 STKIP PGRI LUMAJANG. All Right Reserved.