JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Dalam proses pembelajaran, baik materi, metode, maupun media, harus mengalami perubahan ke arah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi, seorang pendidik dituntut untuk kreatif dan inovatif. Model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan peserta didik dalam pembentukan life skill yang berpijak pada lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) peningkatan hasil belajar Matematika setelah diterapkannya pembelajaran SAVI, dan (b) pengaruh terhadap motivasi belajar Matematika setelah diterapkannya pembelajaran SAVI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, serta revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IX B SMP Negeri 1 Ranuyoso Lumajang semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil uji kompetensi dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis data menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan nilai secara berturut-turut 70, 74, dan 79. Sedangkan tingkat ketuntasan belajar peserta didik dalam mata pelajaran Matematika juga meningkat dengan prosentase pada setiap siklus secara berturut-turut adalah 70%, 74%, dan 79%. Tingkat minat peserta didik terhadap pembelajaran Matematika dengan diterapkannya pembelajaran SAVI pada tiap siklus secara berturut-turut adalah 29%, 37%, dan 46%. Tingkat perhatian peserta didik terhadap pembelajaran Matematika dengan diterapkannya pembelajaran SAVI pada tiap siklus secara berturut-turut adalah 29%, 37%, dan 46%. Tingkat partisipasi peserta didik terhadap pembelajaran Matematika dengan diterapkannya pembelajaran SAVI pada setiap siklus secara berturut-turut adalah 29%, 37%, dan 46%.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Keyword

Matematika, Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Motivasi Belaja
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak